Rumah Sasirangan Kreatif Pusat Oleh-Oleh

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Hj Mufidah Jusuf Kalla melakukan serangkaian kunjungan ke Kalsel yang menyempatkan berkunjung ke pengrajin disabilitas yang disambut hangat Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah dan tampak saat meninjau Rumah Sasirangan Kreaktif milik Kota Banjarmasin, Rabu (28/3).

BANJARMASIN, KP – Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Hj Mufidah Jusuf Kalla melakukan serangkaian kunjungan ke Kalsel yang menyempatkan berkunjung ke pengrajin disabilitas yang kini mereka berkumpul membuat kerajinan di rumah kreaktif sasirangan milik Kota Banjarmasin.

Kehadiran rombongan istri Wakil Presiden H Jusuf Kalla, ke Pengrajin Dekranasda Kota Banjarmasin disambut hangat Hj Siti Wasilah di Rumah Sasirangan Kreatif Pemko Banjarmasin di Jalan A Yani Km 4 Banjarmasin.

Rombongan RI 4 datang ke Rumah Pengrajin Sasirangan didampingi para istri menteri dan Ketua Dekrasnasda Kalsel Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor serta Gubernur Kalsel H Sahbirin ini, guna melihat produk khas berupa kain sasirangan termasuk juga melihat para pengrajin yang diantaranya kaum disabilitas yang kini dibina Pemko Banjarmasin.

Para disabilitas yang berada di rumah kreaktif cukup terampil dalam mendesain maupun menjelujur hingga memberikan pewarnaan pada kain sasirangan yang merupakan kain khas Urang Banjar.

Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah menjelaskan, kini Banjarmasin mulai mengembangkan kain sasirangan dari pewarna alam. Pemko juga mengembangkan kreasi kain sasirangan tersebut dengan bentuk fashion dengan maksud agar bisa tembus di pasaran dunia.

Bahkan para rombongan dan istri menteri memberikan apresiasi apa yang dilakukan Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin yang cukup piawai membaca pasar yang kini mulai kembali ke alam.

“Terobosan yang dilakukan Pak Wali sudah cukup bagus tinggal bagaimana menggiatkan para pengrajin dalam menjaga kualitas kedepan,’’ puji Isteri Menteri Koperasi dan UKM Ny I Gusti Bintang Darmawati bersama istri Mendagri Ny Cahyo Kumolo.

Sedangkan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Banjarmasin drh H Priyo Eko mengatakan, kalau rumah kreatif sasirangan ini adalah hasil dari bantuan Badan kreatifitas pusat untuk rumah kreatif Pemko Banjarmasin.

Bantuan fisik bangunan permanen yang kini diresmikan 2017 tadi, telah banyak hasil olah kerajinan tangan dan berbagai produk makanan yang merupakan hasil ratusan pengrajin kecil dari kota ini.

“Produk hasil olah semua kerajinan dikumpulkan di rumah kreatif ini dan menjadi produk unggulan khas Kalsel,’’ ungkap Kepala Dinas Koperasi, UMKM Kota Banjarmasin Priyo Eko.

Priyo juga mengatakan, produk paling laku tentunya kain sasirangan. Apalagi saat ini kain sasirangan sedang dikembangkan dengan pewarna alam. Kemudian ada juga produk anyaman, makanan serta kerajinan tangan seperti aksesoris manik-manik dan batu-batuan.

“Produk kami memang menonjolkan kekhasan daerah, seperti makanan olahan juga dibuat dari bahan yang ada dialam, kemudian dikemas menarik,’’ ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin Drs H Khairil Anwar ingin agar pelaku usaha kerajian dan industri kecil terus berinovasi kreatif. Utamakan kualitas tampilan agar produk tak kalah bersaing dengan produk dari daerah lain atau produk impor.

“Karena kini sudah era pasar bebas persaingan pemasaran juga makin ketat, sehingga diharapkan terus inovasi dalam produk dan menjaga kualitasnya,’’ demikian Drs H Khairil Anwar.(vin/K-5)

Sumber: Kalimantan Post

You May Also Like

0 komentar